PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU TA 2020-2021

 

TAHAPAN PENDAFTARAN

  1. Mengunduh PIN
  2. Mendaftar
  3. Daftar Ulang

SYARAT DAN KETENTUAN UMUM PENDAFTAR

  1. Telah lulus SMP/Sederajat, memiliki Ijazah atau Surat Keterangan Lulus (SKL) dan Nilai Rapor Semester 1 (satu) sampai dengan Semester 5 (lima) dari sekolah untuk lulusan pada tahun pelajaran 2019/2020 atau sebelumnya.
  2. Berusia paling tinggi 21 tahun pada saat awal tahun pelajaran 2020/2021 (tanggal 13 Juli 2020).
  3. Tidak sedang terlibat dalam tindak pidana dan penyalahgunaan narkoba.
  4. Tidak bertato dan/atau bertindik.
  5. Tidak buta warna
  6. Harus memiliki PIN yang dapat diunduh melalui situs ppdbjatim.net
  7. Bagi yang telah diterima, wajib melakukan daftar ulang sesuai jadwal yang ditentukan dan jika tidak, maka akan dinyatakan mengundurkan diri.
  8. Bagi yang telah diterima, akan dinyatakan gugur jika ditemukan adanya pemalsuan dokumen.

TATA CARA PENGAMBILAN PIN

  1. Login ke situs ppdbjatim.net dengan menggunakan NISN dan Nomor Peserta Ujian Nasional.
  2. Siswa melakukan Verifikasi Nilai Rapor semester 1 sampai semester 5
  3. Mengisi data dan mengunggah Kartu Keluarga (KK) dan/atau Surat Keterangan Domisili.
  4. Mengunggah Ijazah atau Surat Keterangan Kelulusan yang dikeluarkan oleh sekolah asal.
  5. Khusus jenjang SMK yang dengan persyaratan tertentu, calon peserta didik mengunggah Surat Keterangan tidak buta warna dan/atau tinggi badan.
  6. Mengunduh PIN beserta informasi Nilai Akhir dan 5 sekolah terdekat

 

TATA CARA PENDAFTARAN UNTUK CALON PESERTA DIDIK

A. JALUR AFIRMASI 

  1. Login ke situs ppdbjatim.net dengan menggunakan PIN dan Nomor Peserta Ujian Nasional.
  2. Memilih 1 (satu) sekolah yang dituju.
  3. Mengunggah bukti keikutsertaan dalam program penanganan keluarga tidak mampu dari Pemerintah Pusat atau Pemerintah Daerah berupa Kartu Indonesia Pintar (KIP), Kartu Indonesia Sehat (KIS), Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), Kartu Bantuan Pangan Non Tunai (KBPNT) dan/atau Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM).
  4. Mengunduh bukti pendaftaran.

B. JALUR PERPINDAHAN TUGAS ORANG TUA 

  1. Login ke situs ppdbjatim.net dengan menggunakan PIN dan Nomor Peserta Ujian Nasional.
  2. Memilih 1 (satu) sekolah yang dituju.
  3. Mengunggah SK mutasi/perpindahan tugas orang tua yang diterbitkan oleh instansi yang bersangkutan.
  4. Khusus anak guru atau tenaga kependidikan SMA/SMK mengunggah Surat Penugasan orang tua sebagai Guru atau Tenaga Kependidikan dari Kepala Sekolah SMA/SMK.
  5. Mengunduh bukti pendaftaran.

 

C. JALUR PRESTASI HASIL PERLOMBAAN DAN/ATAU PENGHARGAAN 

  1. Login ke situs ppdbjatim.net dengan menggunakan PIN dan Nomor Peserta Ujian Nasional.
  2. Memilih 1 (satu) sekolah yang dituju.
  3. Mengisi data prestasi dan mengunggah bukti dokumen prestasi.
  4. Mengunduh bukti pendaftaran.

 

D. DAN JALUR REGULER (SMK)

  1. Login ke situs ppdbjatim.net dengan menggunakan PIN dan Nomor Peserta Ujian Nasional.
  2. Untuk SMK memilih 2 (dua) Kompetensi Keahlian pada 1 (satu) sekolah atau sekolah yang berbeda.
  3. Mengunduh bukti pendaftaran.

 

 

KEGIATAN TANGGAL PUKUL KET.
Pengambilan PIN 8 – 20 Juni 2020 24 Jam online
JALUR AFIRMASI (KELUARGA TIDAK MAMPU), PERPINDAHAN TUGAS, DAN PRESTASI
Pendaftaran 15 – 16 Juni 2020 24 Jam online
Verifikasi dan Validasi 16 – 18 Juni 2020 24 Jam online
Pengumuman 19 Juni 2020 01.00 WIB online
Daftar Ulang 19 – 20 Juni 2020 01.00–23.59 WIB online
JALUR REGULER
Pendaftaran 25 – 27 Juni 2020 24 Jam online
Penutupan 27 Juni 2020 23.59 WIB online
Pengumuman 28 Juni 2020 01.00 WIB online
Daftar Ulang 29 – 30 Juni 2020 01.00–23.59 WIB online

 

 

Baca Juga TIPS MEMILIH JURUSAN

 

WhatsApp chat